Jumat, 08 Februari 2013

Kisi-Kisi UN SMP Matematika 2012/2013


Kisi-Kisi UN Matematika 2012/2013


Bagikan :

 

Kisi-Kisi UN Matematika 2012/2013. Mata pelajaran yang diujikan, yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Apabila dibandingkan dengan tiga mata pelajaran lainnya, Matematika membutuhkan daya ingat rumus dengan kecepatan berhitung agar bisa mengerjakan soalnya sesuai waktu yang disediakan. Memang diperlukan tenaga ekstra untuk dapat mengerjakan soal-soal matematika. Tiada cara yang paling ampuh untuk dapat mengerjakan soal-soal matematika selain belajar dengan tekun dan juga berdo'a kepada Yang Maha Kuasa. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  melalui Badan Standar Nasional Pendidikan  atau BSNP  merilis kisi-kisi soal Ujian Nasional 2013.  Berikut ini kisi-kisi Ujian Nasional Tahun 2012/2013 yang saya unduh dari Kemdiknas untuk mata pelajaran Matematika.
KompetensiIndikator
1.Memahami konsep dan operasi hitung bilangan bulat serta dapat menggunakannya dalam kehidupan
sehari-hari
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan cacah 
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campuran bilangan cacah 
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan bulat


Memahami konsep dan operasi
hitung bilangan pecahan serta dapat
menggunakannya dalam kehidupan
sehari-hari.
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan denganpenjumlahan dan pengurangan pecahan.
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian berbagai bentuk pecahan.
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan skala atau perbandingan.
Siswa dapat menentukan urutan berbagai bentuk pecahan dari besar ke kecil atau sebaliknya


Memahami dan menggunakan
faktor dan kelipatan dalam
pemecahan masalah
Siswa dapat menentukan KPK atau FPB dari dua bilangan dalam bentuk faktorisasinya
Siswa dapat menentukan FPB atau KPK dari tiga buah bilangan dua-angka
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan KPK
Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalampemecahan masalah
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan FPB


Memahami konsep dan operasi
hitung bilangan berpangkat danpenarikan akar pangkat 2 atau 3
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat dua
Siswa dapat menentukan hasil penarikan akar pangkat tiga dari suatu bilangan pangkat tiga.
Siswa dapat penyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penarikan akar pangkat tiga
2.Memahami konsep ukuran waktu,panjang, berat, panjang, luas debit, volume, dan konsep jarak dan kecepatan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangansatuan waktu atau satuan panjang yang disajikan dalam soal cerita sederhana.
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengansatuan debit atau satuan volume.
Siswa dapat menentukan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan satuan berat atau satuan luas.

Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu
3.Memahami konsep, sifat dan unsurunsur bangun datar, serta hubungan antar bangun, dan dapat menggunakannya dalam pemecahan
masalah
Siswa dapat menentukan bentuk bangun datar dari beberapasifat-sifat bangun yang disajikan atau sebaliknya.
Siswa dapat menentukan hasil pencerminan dari gambar suatu bangun datar yang disajikan.
Siswa dapat menentukan unsur-unsur yang ada pada bangun ruang yang disajikan (titik sudut, sisi, atau rusuk).
Siswa dapat menentukan satu pasang bangun yang sama dan sebangun dari beberapa gambar yang disajikan.

Siswa dapat menentukan jaring-jaring suatu bangun ruang.

Memahami konsep luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalahDisajikan gambar bangun datar dengan ukuran yang ditentukan siswa dapat menghitung luasnya.
Siswa dapat menentukan luas gabungan atau irisan dari dua bangun datar sederhana.

Siswa dapat menentukan luas bagian lingkaran (misal setengah lingkaran).


Memahami konsep volume bangun
ruang sederhana dan
menggunakannya dalam pemecahan
masalah
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volume kubus atau balok.
Siswa dapat menentukan volume prisma segitiga dari suatu gambar yang ukurannya diketahui.

Siswa dapat menentukan volume tabung dari suatu gambar tabung yang ukurannya diketahui.
4.Memahami konsep koordinat untuk
menentukan letak benda dan
menggunakannya dalam pemecahan
masalah
Diberikan beberapa titik pada bidang koordinat, siswa dapat menentukan koordinat salah satu titik.
5.Mamahami konsep pengumpulan
dan penyajian data serta
menerapkannya dalam pemecahan
masalah
Siswa dapat menentukan banyak data dari suatu gambar diagram batang yang disajikan (terbanyak, terendah selisih).
Siswa dapat menentukan banyak data pada diagram lingkaranyang disajikan (data dari persentase atau besar sudut tertentu).
Siswa dapat menentukan diagram batang dari data yang disajikan dalam bentuk tabel.

Siswa dapat menentukan salah satu unsur dari data yang disajikan dalam bentuk diagram batang atau lingkaran.


Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
data
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data (rentang banyak data 6 – 10 data).
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari data berbentuk tabel(banyak data kurang dari 20 data).
Siswa dapat menghitung nilai rata-rata dari sajian databerbentuk diagram batang.
Siswa dapat menentukan nilai median dari sekumpulan data tunggal yang disajikan.
Siswa dapat menentukan nilai modus dari data yang disajikan dalam bentuk soal cerita.

Siswa dapat menentukan selisih nilai tertinggi dan terendah dari data yang disajikan.
Kisi-kisi UN Bahasa Indonesia
Kisi-kisi UN IPA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar