Kamis, 15 November 2012

Memilih senar gitar

Memilih senar gitar
Memilih senar gitar yang baik bukan sekedar memilih merek yang kita suka, atau mungkin merek yang sudah terkenal. Ukuran senar dan material bahan sangat berpengaruh, baik untuk suara dan juga "action" atau ketinggian senar. 
cara memilih senar gitar yang baik,logo d'addario, choose guitar right guitar strings
Ukuran Senar

Ada berbagai macam ukuran senar gitar yang tersedia di pasaran. Untuk gitar akustik kita sering membuat istilah "senar kecil", "senar sedang", dan "senar besar". Senar dengan ukuran lebih besar biasanya menghasilkan bunyi yang lebih keras (volume suaranya lebih besar) dan lebih bagus sustain (lama bunyi) nya. Tapi di sisi lain senar ukuran besar akan lebih sakit untuk di-bending buat yang belum terbiasa dan buat yang jarinya agak lembut (biasanya cewek).

Nah, Senar ukuran kecil juga mempunyai kelemahan. Walaupun memang kelebihannya mudah untuk dilakukan bending dan juga tidak membuat jari sakit bagi yang baru belajar gitar. Kelemahan utama senar kecil adalah, untuk yang belum terbiasa melakukan bending, kadang terjadi over tone atau kelebihan nada. Maksudnya, ada kemungkinan waktu "membengkokkan " senar terlalu berlebih sehingga nada yang dihasilkan tidak sesuai dengan nada yang diinginkan.

Material Bahan

Material bahan senar juga mempengaruhi suara yang dihasilkan. Material yang umum di gunakan adalah ah Nickel, Bronze, Phosphor Bronze, Stainless dan Silk and Steel.

Merek Senar

Kebanyakan dari kita kadang terlalu fanatik dengan merek tertentu. Padahal merek yang lain belum tentu jelek. Mencoba menggunakan merek lain bisa membantu menambah pengalaman mengenai karakteristik bunyi senar, sekalian mencicipi karakter-karakter bunyi dari bahan material yang berbeda-beda.

tips memilih senar gitar, ernie ball guitar strings



Di posting berikutnya saya akan coba melanjutkan pembahasan yang ada hubungannya dengan senar juga, biar lebih mantep.


Baca Sumber Lengkap: http://gitar.ayayank.com/2011/12/pilih-senar-gitar-senar-gitar-apa-yang.html#ixzz2CIXMLjZS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar